CPU AMD Ryzen 7950X sudah memecahkan rekor dan tidak ada pendinginan yang eksotis

Zen 4 andalan AMD telah memecahkan rekor dunia CPU menggunakan pendingin cair standar, mengalahkan rekor sebelumnya yang menggunakan pendingin eksotis (seperti nitrogen cair atau sejenisnya).

Ryzen 7950X mencetak rekor peringkat HWBOT, dengan dua pakar overclocking – Sampson dan Blueleader – mencapai empat rekor baru hanya dengan menggunakan satu pendingin cair all-in-one Corsair H115i (dengan 7950X berjalan pada beberapa motherboard kelas atas). X670E).

Rekor dunia spesifik yang ditetapkan berada di Cinebench R15, R20, R23 dan 7-Zip, sebagai perangkat keras panas (terbuka di tab baru) melaporkan (melalui VideoCardz (membuka di tab baru)), dengan Splave kehilangan posisi teratas dalam ini peringkat sebagai hasilnya.

Yang juga penting adalah bahwa 7950X, yang merupakan prosesor 16-core, mencapai kecepatan boost dari 5,4GHz hingga 5,5GHz di semua core dalam pengujian ini, dengan suhu mulai dari 87C hingga 108C – dan menggunakan daya hingga maksimum 244W.

Analisis: Yang terbaik belum datang

Untuk sebuah chip yang menggunakan pendingin cair (relatif) sederhana untuk mengalahkan rekor Splave sebelumnya dalam peringkat ini benar-benar mengesankan. Seperti disebutkan, Splave (dan lainnya di bagian atas grafik referensi ini) menggunakan nitrogen cair untuk pendinginan. Jelas, ini bukan sesuatu yang layak untuk PC biasa atau penggemar rata-rata, tetapi Corsair H115i tentu saja dalam jangkauan mereka.

Tentu saja, itu membuat kami bertanya-tanya apa yang akan dapat dicapai Ryzen 7950X setelah mendapat pendinginan yang eksotis dan taruhan overclocking benar-benar meningkat. Bagaimanapun, sepertinya sudah mendapatkan tempat di antara peringkat prosesor terbaik kami.

Beberapa skeptis mengajukan pertanyaan, seperti berapa suhu sekitar di ruangan untuk rekaman ini, tetapi tidak dapat disangkal bahwa ini adalah prestasi yang membuka mata – dan kami berharap dapat menunjukkan jalan ke beberapa prosesor hemat energi yang serius lebih jauh. jalan. di Ryzen 7000, di mana kebanyakan orang akan membeli.

Dengan Zen 4, maka, kita dapat melihat beberapa CPU yang menarik baik untuk pengguna biasa maupun overclocker. Bahkan, kami juga telah mendengar banyak akhir-akhir ini tentang bagaimana Intel generasi berikutnya Raptor Lake diatur untuk bekerja sangat baik untuk overclocking – sudah mencapai 8GHz dengan flagship – jadi sepertinya seluruh prosesor sphere generasi berikutnya bisa menjadi menggoda. tempat bagi para peminat. Raptor Lake, bagaimanapun, ketika benar-benar ditekan, tidak akan mempertahankan tingkat efisiensi yang sama…

Penawaran prosesor terbaik hari ini

Author: Noah Wood