Mengapa Saingan Steam Deck Logitech Jauh Lebih Maju dari Waktunya

Logitech G Cloud adalah konsol streaming portabel baru yang terasa agak terlalu canggih untuk era Wi-Fi publik yang buruk.

Sekarang diumumkan sepenuhnya setelah bocor bulan lalu, Logitech G Cloud adalah perangkat genggam bertenaga Android yang hadir dengan Xbox Cloud Gaming dan Nvidia GeForce Now yang sudah diinstal sebelumnya. Diluncurkan secara eksklusif di Amerika Utara pada 17 Oktober seharga $349,99 – sekitar £308 / AU$527 – Anda dapat memainkan game AAA teratas melalui cloud saat bepergian.

Konsol ini memiliki layar sentuh 1080p tujuh inci yang mendukung kecepatan refresh 60Hz, masa pakai baterai lebih dari 12 jam, ditambah haptics, giroskop, dan kontrol yang dapat dipetakan ulang. Namun, itu tidak mendukung 5G secara asli, juga tidak termasuk slot kartu SIM, jadi Anda harus mengandalkan Wi-Fi untuk mengalirkan apa pun ke konsol.

Dengan pra-instal Google Play Store, Anda juga akan dapat menjalankan beberapa game Android terbaik. Ini juga mendukung Xbox Remote Play dan Steam Link, memungkinkan Anda untuk mengalirkan seluruh perpustakaan Xbox dan Steam Anda – termasuk game yang tidak ada di Xbox Game Pass – langsung ke konsol Anda.

sedikit terlalu cepat

Presiden Logitech Gaming Video Ujesh Desai sangat senang dengan prospek tersebut, dengan mengatakan (terbuka di tab baru) “Cloud gaming adalah cara baru yang sangat menarik untuk bermain. Saya suka Anda dapat mengakses perpustakaan game dari mana saja.

“Yang ingin kami lakukan adalah menantang diri kami sendiri untuk membangun perangkat yang dioptimalkan secara sempurna untuk cloud gaming. Itu berarti kontrol presisi – mirip dengan pengontrol Xbox kelas atas – layar HD besar, daya tahan baterai yang luar biasa, dan desain yang ringan sehingga gamer dapat menikmati sesi permainan yang lama tanpa kompromi. ”

Namun nilai jual inti Logitech G Cloud sangat terhambat oleh kondisi aksesibilitas Wi-Fi saat ini. Sebagai konsol game cloud, Anda harus berada dalam jangkauan koneksi internet yang kuat dan stabil untuk memainkan game apa pun di perangkat. Sayangnya, tempat-tempat yang mungkin Anda ingin gunakan konsol game genggam — kereta api, bandara, mobil, dan tempat umum lainnya — sering kali tidak memiliki Wi-Fi yang andal. Bawa Logitech G ke taman lokal Anda untuk bermain di luar ruangan, dan Anda mungkin akan menemukannya telah berubah menjadi potongan plastik yang dicetak.

Dalam satu dekade ketika Wi-Fi publik super cepat adalah norma, perangkat genggam dapat menghadirkan salah satu cara paling sederhana dan paling terjangkau untuk memainkan game AAA teratas di mana pun Anda inginkan. Untuk saat ini, dengan status Wi-Fi publik, kasus penggunaannya cukup terbatas. Anda mungkin akan berakhir menggunakannya di rumah, agak mengurangi tujuannya sebagai konsol genggam yang benar-benar portabel.

Biaya Logitech G Cloud juga akan menaikkan alis. Dengan harga yang sama dengan Nintendo Switch OLED dan hanya $50 di bawah biaya Steam Deck Valve, banyak yang akan bertanya-tanya mengapa mereka repot-repot menggunakan konsol streaming eksklusif. Selain itu, biaya berlangganan yang harus Anda keluarkan untuk Xbox Game Pass Ultimate atau Nvidia GeForce Now, dan harga kit baru Logitech terlihat kurang menarik.

Untuk memikat mereka yang penasaran, pre-order untuk Logitech G Cloud dibuka seharga $299,99, dengan potongan $50 dari total harga eceran. Dia tidak mengatakan apakah Logitech G Cloud akan datang ke pasar lain di luar Amerika Utara, tetapi kami berharap itu akan diluncurkan di Eropa dan wilayah lain di masa depan.

Author: Noah Wood