Pembaruan video Oculus Quest 2 yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya tiba

Setelah menggoda pembaruan Oculus Quest 2 pada bulan Maret dan merilisnya ke pengembang pada bulan Juli, Meta akhirnya membawa peningkatan pengaturan video ke headset VR untuk semua orang – dan itu semua yang kami harapkan.

Fitur perekaman video Oculus Quest 2 kurang sejak dirilis. Pengguna hanya dapat merekam rekaman persegi, berombak, dan berkualitas rendah jika mereka tidak ingin membeli perangkat keras eksternal dan melewati banyak lingkaran. Untungnya, pembaruan Mission 2 v44 (terbuka di tab baru) memperbaikinya dengan menghadirkan beberapa pembaruan yang sangat dicari.

Apa yang paling membuat Anda bersemangat dalam pembaruan ini adalah kemampuan untuk mengatur rekaman video ke 16:9, bukan rasio aspek 1:1 pada Quest 2 secara default. Video persegi biasa sangat cocok untuk Instagram dan TikTok, tetapi tidak begitu bagus untuk orang yang ingin berbagi konten VR di Twitch atau YouTube.

Selain itu, videografer VR akan dapat meningkatkan frame rate dan bitrate video – perubahan yang masing-masing akan membuat video lebih halus dan tidak berantakan. Meskipun Meta memperingatkan bahwa meningkatkan nilai-nilai ini membawa kerugian; Frame rate yang lebih tinggi dapat berdampak negatif pada kinerja Quest 2 Anda dan video bitrate yang lebih tinggi akan menghabiskan lebih banyak ruang di perangkat Anda.

Sekarang Anda dapat dengan mudah memamerkan keterampilan Beat Saber Anda di layar lebar (Kredit gambar: Beat Games)

Juga, pembaruan Oculus Quest 2 ini akan menghadirkan stabilisasi gambar. Karena kepala Anda adalah kamera pada rekaman ini, mudah untuk gambar menjadi sedikit berombak – terutama jika Anda memainkan game aktif seperti Beat Saber – jadi Meta menghadirkan stabilisasi gambar untuk membuat menonton rekaman Anda lebih tertahankan.

Namun, seperti fitur lainnya, ada beberapa kelemahan. Artinya, mengaktifkan stabilisasi akan mengurangi bidang pandang video (yang, seperti ditunjukkan Meta, tidak dapat dihindari).

Karena mengubah pengaturan ini dapat menjadi trade-off, mereka akan disembunyikan di pengaturan kamera lanjutan Quest 2 Anda. Setelah headset VR Anda diperbarui ke versi terbaru (v44), Anda harus pergi ke Pengaturan Sistem perangkat Anda, pilih opsi Kamera dalam daftar di sebelah kiri jendela dan beralih ke Pengaturan Kamera Lanjutan untuk melihat opsi baru Anda.

Halaman Pengaturan Kamera Lanjutan Oculus Quest 2

(Kredit gambar: Meta)

Revisi pengawasan orang tua

Selain pembaruan video, v44 menghadirkan lebih banyak alat pengawasan orang tua sehingga Anda dapat membantu menjaga anak-anak Anda lebih aman saat bermain game VR.

Perubahan pertama akan memungkinkan orang tua dan wali untuk mengunci Mode Pengembang di akun remaja. Fitur inilah yang memungkinkan orang memuat aplikasi di Oculus Quest 2; karena game dan layanan ini bukan asli dari toko digital Meta Quest, perangkat Anda tidak akan dapat membatasinya dengan benar.

Berbicara tentang membatasi konten, Meta juga mempermudah penggunaan App Unlock untuk menjauhkan game tertentu dari jangkauan pengguna yang lebih muda. Anda sekarang dapat mengunci beberapa judul di balik satu pola buka kunci – menyederhanakan proses penyiapan dan mengurangi kemungkinan Anda lupa polanya.

Selain itu, Anda dapat mengelompokkan game blok berdasarkan peringkatnya. Dengan memfilter daftar game berperingkat untuk orang dewasa, Anda dapat dengan cepat memblokirnya sebelum menyerahkan headset kepada pemain yang belum siap untuk jenis pengalaman VR ini. Anda dapat menemukan opsi baru ini di halaman Kunci Aplikasi di pengaturan keamanan Anda.

Author: Noah Wood